Latest Updates

RPP PENJAS ORKES

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 Perguruan Tinggi      :  UNIGAL CIAMIS
Mata Kuliah               :  PENJASORKES
Kelas/Semester         :  3 C/ 5
Alokasi Waktu           :  8 x 45 menit
Standar Kompetensi :  Memahami dan dapat mempraktekan teori-teori dasar permainan olahraga Sepak Takraw dengan teknik serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar   :  Memperaktekan teori-teori dan variasi gerak dasar pada permainan Sepak Takraw, serta nilai kerjasama, kejujuran, kedisiplinan, kejujuran, dan sportivitas.
Tahun Ajaran            : 2012/2013
 A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Mahasiswa dapat memahami teori-teori dasar Sepak Takraw.
2.      Mahasiswa  mampu mempraktekan teori – teori dasar sepak mula (Servis) pada permainan  Sepak Takraw.
3.      Mahaiswa mampu mempraktekan teori – teori dasar sepak sila (Passing) pada permainan   Sepak Takraw.
4.      Mahaiswa mampu mempraktekan teori – teori dasar Smas dan blok pada permainan    Sepak Takraw.
5.      Mahasiswa mampu melakukan gerakan menoper,menerima,dan mengontrol
6.      Mahasiswa dapat melakukan teknik dasar sepak kura dalam sepak takraw dengan menggunakan punggung kaki dengan perkenaan bola yang tepat.
7.      Melakukan permainan sepak takraw dengan peraturan yang di modifikasi.
B.     Materi Pembelajaran
Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand.
Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melayu ((634-713)) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.
Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 - 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.
Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut sipa, di Burma chinlone, di Laos kator, dan di Thailand takraw.
Permainan Sepak Takraw :
a.       Teknik dasar sepak kura dengan tahapan-tahapan yang benar
b.      Bermain sepak takraw yang mengutamakan teknik dasar sepak kura dengan peraturan yang di modifikasi.
 C.    Metode Pembelajaran
1.      Demonstrasi
2.      Praktik
3.      Modeling
4.      Tanya jawab
 D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
  1. Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
a)       Mahasiswa dibariskan sesuai dengan  jumlah siswa yang hadir
b)      Mengontrol  kehadiran siswa dan berdoa
c)      Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti seperti:  
1.      Lari keliling lapangan 4X
2.      Melakukan gerakan peregangan otot leher, otot punggung , otot lengan dan otot kaki
3.      Melakukan gerakan kelentukan otot leher, otot punggung, otot lengan dan otot kaki
 2.      Kegiatan inti :
a.Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
Menjelasan tentang teknik dasar sepak kura secara umum, Sepak kuda adalah salah satu teknik dasar dalam permainan sepak takraw dengan  sepakan kaki kura atau dengan punggung kaki. Sepak kura digunakan untuk :
v  Memainkan bola yang datangnya rendah dan kencang atau keras,
v  Menyelamatkan dari serangan lawan,
v  Memainkan bola,
v  Mengawal atau menguasai bola dalam usaha penyelamatan bola.
Adapun teknik melakukan sepak kura adalah sebagai berikut:
1.      Berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
2.      Lutut kaki sepak dibengkokkan sedikit dengan ujung jari mengarah ke tanah /lantai, kaki tendang diangkat ke arah bola yang datang dari bawah lutut.
3.      Bola disentuh pada bagian bawahnya dengan bagian punggung kaki.
4.      Mata melihat ke arah datangnya bola.
5.      Badan dibungkukkan sedikit, kaki tumpu ditekuk.
6.      Kedua tangan dibuka dan dibengkokkan pada siku untuk menjaga keseimbangan
7.      Bola disepak ke atas setinggi lutut.
b.     Elaborasi
Dalam kegiatan ini Dosen :
§  Memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan pengenalan bola dengan melakukan gerakan melempar bola serta melakukan gerakan sepak kura.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan, dengan susunan berjajar, yang paling depan mahasiswa yang pertama mempraktekan gerakan servis bawah sebanyak dua kali, sesudah memperaktekan mahasiswa berbaris di belakang dan dilanjutkan mahasiswa kedua, begitu seterusnya sampai semua melakukannya.
§  Mengamati mahasiswa dalam proses pembelajaran.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

c.       Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui oleh Mahasiswa .
·         Dosen  bersama Mahasiswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman , memberikan penguatan dan penyimpulan.
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
 3.      Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa
 Pertemuan 2
1.      Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
    •  Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
    • Dosen mengontrol kehadiran mahasiswa.
    • Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
b. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
 c.      Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
d.      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat. .
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.

3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup  :
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Berdoa
  Pertemuan 3
1.Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
§    Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
§   Dosen mengontrol kehadiran mahasiswa dan berdo’a.
§   Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
e. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
 f.      Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
g.      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat. .
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.

3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa

Pertemuan 4
1.Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
    • Dosen mengontrol kehadiran mahasiswa dan berdo’a.
    •  Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
    • Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.

                Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat. .
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.

3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa
 Pertemuan 5
1.Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
    • Dosen mengabsen kehadiran mahasiswa dan berdo’a.
    •  Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
    • Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.

                Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat. .
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.

3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa
 Pertemuan 6
1.Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
    • Dosen mengabsen kehadiran mahasiswa.
    •  Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
    • Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.

                Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat.
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.
3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa

Pertemuan 7
1.Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
    • Dosen mengabsen kehadiran mahasiswa.
    •  Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
    • Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.

                Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat.
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.

3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa

Pertemuan 8
1.Kegiatan Awal :
Dalam kegiatan Awal:
    • Dosen mengabsen kehadiran mahasiswa dan berdo’a.
    •  Mahasiswa berbaris dan mengatur jarak untuk melakukan pemanasan supaya tidak ada yang bersinggungan.
    • Mahasiswa melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti.
2.Kegiatan inti :
         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Dosen :
§  Menjelaskan materi pembelajaran.
§  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hak yang belum di mengerti.
§  Memperaktekan teknik dasar passing dan peraturan dan peraturan main yang terdapat didalamnya.
§  Mendemontrasikan teknik kerjasama dan permainan yang sportivitas.

                Elaborasi
Dalam kegiatan ini Mahasiswa :
§  Memperaktekan gerakan passing bawah berpasangan dan berkelompok.
§  Memperaktekan gerakan passing atas berpasangan.
§  Mahasiswa memperaktekan gerakan servis bawah secara berurutan.
§  Diberi kesempatan untuk berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi , Dosen:
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa melalui berbagai sumber.
·         Dosen  menambahkan jika dalam pengajaran terjadi kekurangan.
·         Memberikan Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat.
·         Meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.

3.Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup , guru :
·         Dosen melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Mahasiswa bersama – sama dengan peserta didik  membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
·         Dosen memberikan umpan balik  terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Mahasiswa berbaris melakukan pendinginan / colling down
·         Berdoa

E.     Alat dan Sumber Pembelajaran
Alat :
1. Bola Takraw modifikasi
2. Bola Plastik
3. kun
4. Tali
5. Peluit
6. Jam

Sumber pembelajaran :
Prawirasaputra, sudrajat. 2000. Sepak Takraw.Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Sulaiman.2008.Sepak Takraw Pedoman Bagi Guru Olahraga , Pembina , Pelatih dan Atlet.Semarang: UPT UNNES

F.     Penilaian
1.      Tehnik Penilaian :
a.       Test Unjuk Kerja ( Psikomotor)
→Lakukan teknik dasar sepak kura dengan menggunakan punggung kaki yang benar
→Setiap aspek diberi skor 1-5
→NA = ×50%

b. Pengamatan Sikap ( Afektif )
→ Mainkan permainan sepak takraw dengan peraturan yang telah di modifikasi , taati peraturan permainan, kerja sama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
→Setiap aspek di beri skor 1-5
→NA = ×30%
c. Kuis ( kognitis)
→ Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik – baik pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepak takraw.
→ Setiap aspek di beri skor 1-5
→ NA = ×20%

2.      Rubrik Penilaian
1.    Rubik penilaian :
RUBIK PENILAIAN UNJUK KERJA
                                                 
INDIKATOR
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
NILAI
a.      Melakukan teknik dasar sepak kura dalam sepak takraw dengan menggunakan punggung kaki dengan perkenaan bola yang tepat.
b.      Melakukan permainan sepak takraw dengan peraturan yang di modifikasi.
-  Sikap awal
-  Perkenaan bola
-  arah bola
-  Gerakan ikutan
-  otomatisasi gerakan


10 – 20
10 – 20
10 – 20
10 – 20
10 – 20


Jumlah nilai


Jumlah skor maksimal : 100


RUBIK PENILAIN PENGAMATAN SIKAP
INDIKATOR
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
SKOR
NILAI
h.      Melakukan teknik dasar sepak kura dalam sepak takraw dengan menggunakan punggung kaki dengan perkenaan bola yang tepat.
i.        Melakukan permainan sepak takraw dengan peraturan yang di modifikasi.
- Berani memperagakan
- Mentaati peraturan
- Kesungguhan dalam latihan



0 - 30
0 - 30
0 - 40




Jumlah nilai


Jumlah skor maksimal : 100

RUBIK PENILAIN PEMAHAMAN KONSEP

INDIKATOR
PERTANYAAN YANG DIAJUKAN
SKOR
NILAI
a.       Melakukan teknik dasar sepak kura dalam sepak takraw dengan menggunakan punggung kaki dengan perkenaan bola yang tepat.
b.      Melakukan permainan sepak takraw dengan peraturan yang di modifikasi.

- Bagaimanakah teknik sepak kura?
- Jelaskan sikap awalan dalam teknik sepak kura?
- Bagaimanakah teknik sepak kura dengan punggung kaki?
-Bagaimanakah arah bola saat melakukan teknik sepak kura dengan punggung kaki?
10 – 25

10 – 25

10 – 25


10 – 25



Jumlah nilai


Jumlah skor maksimal : 100
 
JUMLAH NILAI PUKULAN
INDIKATOR
PSIKOMOTOR
AFEKSI
KOGNISI
Jml
Keterangan
a.      Melakukan teknik dasar sepak kura dalam sepak takraw dengan menggunakan punggung kaki dengan perkenaan bola yang tepat.
b.      Melakukan permainan sepak takraw dengan peraturan yang di modifikasi.





Keterangan : melihat batas tuntas SKB


Mengetahui,                                                                       Ciamis,    Oktober  2012
Ketua Prodi                                                                        Dosen


                     .                
                                                 
Heri Yusuf Muslihin,M.Pd                                                    Nizar S.Pd

0 Response to "RPP PENJAS ORKES"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.